Makalah Studi Kasus: Guru PPPK dalam Mengatasi Siswa yang Sering Bolos Sekolah

Makalah Studi Kasus: Guru PPPK dalam Mengatasi Siswa yang Sering Bolos Sekolah


Berikut ini contoh salah satu jawaban PPG Daljab Guru tertentu yang berupa tugas membuat studi kasus. Dalam tugas ini saya mengambil tema Makalah Studi Kasus: Guru PPPK dalam Mengatasi Siswa yang Sering Bolos Sekolah


I. Pendahuluan

Masalah ketidakhadiran siswa atau bolos sekolah merupakan tantangan yang kerap dihadapi oleh pendidik, baik guru yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil maupun guru yang menjabat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Fenomena ini dapat memengaruhi prestasi akademik, perkembangan sosial, dan keberhasilan pendidikan siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang komprehensif untuk menangani masalah ini agar siswa dapat kembali termotivasi untuk belajar dan aktif mengikuti kegiatan sekolah.

 

II. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan hasil observasi hampir setiap hari di sekolah saya SMP Buana Raya Utama, selalu ditemukan siswa baik di kelas VII, VIII maupun IX yang sering tidak hadir tanpa keterangan yang jelas. Penyebabnya bervariasi, mulai dari faktor internal seperti kurangnya motivasi belajar, hingga faktor eksternal seperti lingkungan keluarga yang kurang mendukung atau pergaulan yang negatif. Guru PPPK di sekolah tersebut memegang peran strategis dalam mengatasi masalah ini, mengingat posisinya sebagai pendidik yang dituntut untuk mampu memberikan solusi terhadap tantangan pendidikan.

 

III. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam Penelitian Studi Kasus Mengatasi Siswa yang Sering Bolos Sekolah adalah sebagai berikut

1.    Apa saja faktor penyebab siswa sering bolos sekolah?

2.    Bagaimana strategi yang dapat diterapkan oleh guru PPPK untuk mengatasi masalah ini?

3.    Apa hasil yang diharapkan dari penerapan strategi tersebut?

 

IV. Tujuan Penulisan

Sedangkan tujuan penulisan Penelitian Studi Kasus Mengatasi Siswa yang Sering Bolos Sekolah adalah sebagai berikut

1.    Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan siswa sering bolos sekolah.

2.    Menjelaskan strategi efektif yang dapat diterapkan oleh guru PPPK.

3.    Memberikan rekomendasi untuk mencegah masalah serupa di masa mendatang.

 

V. Metodologi

Penulisan makalah ini didasarkan pada studi kasus yang melibatkan wawancara dengan guru PPPK, observasi langsung di lingkungan sekolah, dan tinjauan literatur terkait masalah absensi siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis untuk menemukan pola dan solusi yang relevan.

 

VI. Hasil dan Pembahasan

A. Faktor Penyebab Siswa Bolos Sekolah

1. Faktor Internal:

a) Kurangnya minat belajar.

b) Rasa percaya diri yang rendah.

c) Gangguan emosional atau psikologis.

 

2. Faktor Eksternal:

a) Lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

b) Pergaulan dengan teman sebaya yang memiliki perilaku negatif.

c) Jarak sekolah yang jauh atau kondisi transportasi yang sulit.

 

B. Strategi Guru PPPK dalam Mengatasi Siswa Bolos

1) Pendekatan Personal:

Guru melakukan pendekatan individual kepada siswa yang sering bolos untuk memahami alasan di balik perilaku tersebut. Hal ini dilakukan melalui sesi konseling atau diskusi santai di luar kelas.

 

2) Kolaborasi dengan Orang Tua:

Guru mengadakan pertemuan rutin dengan orang tua siswa untuk membahas perkembangan dan mencari solusi bersama.

 

3) Pemberian Motivasi:

Guru memberikan motivasi melalui cerita inspiratif, penghargaan atas kehadiran, atau penguatan positif terhadap upaya siswa untuk hadir di sekolah.

 

4) Kegiatan yang Menarik:

Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui pembelajaran berbasis proyek, permainan edukatif, atau kegiatan ekstrakurikuler yang relevan dengan minat siswa.

 

5) Pengawasan dan Pendampingan:

Guru bekerja sama dengan tim bimbingan konseling (BK) untuk memantau siswa yang berisiko tinggi bolos dan memberikan intervensi yang diperlukan.

 

C. Hasil yang Dicapai

1.    Peningkatan kehadiran siswa di kelas.

2.    Terbangunnya hubungan yang lebih baik antara siswa, guru, dan orang tua.

3.    Peningkatan motivasi belajar dan hasil akademik siswa.

 

VII. Kesimpulan dan Rekomendasi

Masalah siswa yang sering bolos sekolah memerlukan perhatian khusus dari berbagai pihak, termasuk guru PPPK. Dengan menerapkan pendekatan personal, kolaborasi dengan orang tua, serta strategi pembelajaran yang menarik, guru PPPK dapat membantu siswa mengatasi hambatan mereka untuk hadir di sekolah. Untuk keberlanjutan, pihak sekolah juga perlu menyediakan pelatihan bagi guru dalam menangani masalah absensi siswa serta membangun sistem pendukung yang kuat di lingkungan sekolah.

 

Daftar Pustaka

Depdiknas. (2008). Panduan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 




= Baca Juga =



No comments

Post a Comment

Silahkan Berikan Saran

Info Kurikulum Merdeka

Info Kurikulum Merdeka
Info Kurikulum Merdeka

Search This Blog

Social Media

Facebook  Twitter  Instagram  Google News   Telegram  

Popular Posts

    Protected by DMCA



































    StatistiksFree site counter


































    StatistiksFree site counter