Latihan Soal AKM ANBK SD MI Tahun 2024 – 2025. Peningkatan sistemevaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang jugadidukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah mendorongperbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangkukepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan AsesmenNasional pada 2023. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai penggantiUjian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagaipenanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan.
Menteri Pendidikan danKebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim mengatakan perubahan mendasar padaAsesmen Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secaraindividu, akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input,proses, dan hasil.
Potret layanan dan kinerjasetiap sekolah dari hasil Asesmen Nasional ini kemudian menjadi cermin untukkita bersama-sama melakukan refleksi mempercepat perbaikan mutu pendidikanIndonesia,” ucap Mendikbud saat Webinar Koordinasi Asesmen Nasionaldi Jakarta yang dihadiri oleh jajaran Dinas Pendidikan dari seluruh Indonesia,dan perwakilan Kementerian Agama, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP),serta Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD).
Asesmen Nasional 2023 adalahpemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraanjenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian,yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei LingkunganBelajar.
Mendikbud melanjutkan, AKMdirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitifyaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syaratbagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas daribidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan.
“Fokus pada kemampuanliterasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajarankarena justru membantu murid mempelajari bidang ilmu lain terutama untukberpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bantuk angkaatau secara kuantitatif,” jelas Mendikbud.
Bagian kedua dari AsesmenNasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur capaian pesertadidik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetakProfil Pelajar Pancasila. “Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME sertaberakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalarkritis, dan kreatif,” tutur Mendikbud.
Bagian ketiga dari AsesmenNasional adalah survei lingkungan belajar untuk mengevaluasi dan memetakanaspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.
Asesmen Nasional pada tahun2023 dilakukan sebagai pemetaan dasar (baseline) dari kualitas pendidikan yangnyata di lapangan, sehingga tidak ada konsekuensi bagi sekolah dan murid.“Hasil Asesmen Nasional tidak ada konsekuensinya buat sekolah, hanya pemetaanagar tahu kondisi sebenarnya,” kata Mendikbud.
Kemendikbud juga akanmembantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasilasesmen yang menjelaskan profil kekuatan dan area perbaikan tiap sekolah dandaerah.
“Sangat penting dipahamiterutama oleh guru, kepala sekolah, murid, dan orang tua bahwa Asesmen Nasionaluntuk tahun 2023 tidak memerlukan persiapan-persiapan khusus maupun tambahanyang justru akan menjadi beban psikologis tersendiri. Tidak usah cemas, tidakperlu bimbel khusus demi Asesmen Nasional,” kata Mendikbud.
Untuk itu, Pemerintahmengajak semua para pemangku kepentingan untuk bersiap dalam mendukungpelaksanaan Asesmen Nasional mulai tahun 2023 sebagai bagian dari upayapeningkatan kualitas pendidikan Indonesia.
Berikut link untuk Latihan Soal AKM ANBK SD MI Tahun 2024 – 2025
LatihanSoal AKM ANBK SD MI Tahun 2023 – 2024 (disini)
LatihanSoal AKM ANBK SD MI Tahun 2023 – 2024 (disini)
Demikian informasi tentang Latihan Soal AKM ANBK SD MI Tahun 2024 – 2025. Semogaada manfaatnya
No comments:
Post a Comment