Latihan Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau Asesmen Sumatif Akhir Tahun (SAT) Ekonomi Kelas 11 SMA MA SMK Tahun 2026 2027. Sebenarnya, tanpa disadari, kita sudah sering menggunakan proses asesmen/penilaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, ketika ingin membeli suatu barang. Kita tentu akan melakukan asesmen/penilaian terhadap barang tersebut bukan? Apakah kualitasnya baik, apakah bahan yang digunakan nyaman, apakah harga yang ditawarkan sesuai dan lain sebagainya.
Begitupun dalam proses pembelajaran, proses asesmen/penilaian juga penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa berhasil dalam mengikuti proses belajar. Proses asesmen/penilaian meliputi serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh, menganalisis, serta menafsirkan informasi hasil belajar siswa.
Asesmen/penilaian dapat memberikan feedback bagi guru untuk bisa menghargai siswa yang memiliki tingkat kemampuan dan pemahaman yang berbeda antara satu dan lainnya. Dalam melakukan asesmen/penilaian, kita juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip asesmen/penilaian seperti asesmen/penilaian yang harus bersifat valid, bisa dipercaya, konsisten, informasi asesmen/penilaian bisa diakses, bersifat transparan, mendukung proses belajar yang efektif dan efisien, serta hasilnya mampu digunakan sebagai bahan perbaikan di depannya.
Selain digunakan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai, proses asesmen/penilaian juga digunakan untuk membuat keputusan dalam perencanaan pembelajaran selanjutnya. Ada beberapa fungsi asesmen/ penilaian antara lain:
· Fungsi selektif, artinya proses asesmen/penilaian dilakukan agar guru dapat mengadakan seleksi terhadap siswanya.
· Fungsi diagnostik, artinya guru melakukan diagnosis atas kelebihan dan kekurangan siswa, lalu berusaha menemukan solusinya.
· Fungsi penempatan, artinya asesmen/penilaian digunakan sebagai acuan untuk menentukan dimana seorang siswa harus ditempatkan.
· Fungsi pengukur keberhasilan, di mana nantinya dari proses asesmen/ penilaian, guru dan siswa bisa mengetahui sejauh mana tujuan dan keberhasilan pembelajaran telah tercapai.
Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses asesmen/penilaian, di antaranya:
1. Membuat dan Menetapkan Rencana serta Tujuan Pembelajaran
Saat membuat RPP, guru pasti sudah membuat dan menetapkan tujuan asesmen/penilaian. Setiap kompetensi dasar memiliki indikator atau hasil belajar yang nantinya bisa siswa dapatkan dari proses pembelajaran, meliputi apa yang harus dilakukan siswa (kemampuan), apa yang harus siswa ketahui (pengetahuan), dan dan bagaimana siswa menyikapinya (sikap atau perilaku).
2. Menentukan Teknik Asesmen/penilaian yang tepat
Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan asesmen/penilaian. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui dan menetapkan teknik asesmen/penilaian mana yang akan digunakan. Proses asesmen/penilaian melibatkan bagaimana suatu data dikumpulkan untuk menarik kesimpulan di akhir proses pembelajaran. Guru bisa menggunakan indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi dasar untuk menentukan teknik asesmen/penilaian yang akan digunakan.
3. Pelaksanaan Proses Asesmen/penilaian
Setelah menentukan tujuan asesmen/penilaian dan teknik yang digunakan, saatnya mengumpulkan data atau nilai. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan nilai, guru perlu menyusun terlebih dulu kisi-kisi dan membuat soal, terutama jika teknik asesmen/penilaian yang dipilih adalah ujian tertulis. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian, guru bisa melakukan proses asesmen/penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang sebelumnya juga sudah dirancang.
4. Menganalisis Asesmen/penilaian
Pada tahap ini, guru melakukan proses penafsiran atau interpretasi dari asesmen/penilaian yang telah dilakukan dan dikumpulkan. Guru dapat melihat sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan seberapa besar keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dari proses asesmen/penilaian, kemudian dapat ditarik kesimpulan yang mengacu pada tujuan pembelajaran di awal.
5. Menyesuaikan Pembelajaran
Tujuan dari dilaksanakannya proses asesmen/penilaian salah satunya adalah mendapatkan hasil asesmen/penilaian yang bisa digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran ke depannya. Proses asesmen/penilaian dikatakan belum berhasil ketika hasilnya tidak mengarah atau belum bisa mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian atau perbaikan strategi, metode, materi, cara penyampaian, bahan ajar pendukung atau hal lain yang berkaitan dalam pembelajaran.
Post a Comment for "Latihan Soal PAT SAT Ekonomi Kelas 11 SMA Tahun 2026"