Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli

Pengertian Kurikulum Menurut  Pendapat Para Ahli

Makalah tentanhg pembahasan Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli Pendidikan. Apa yang dimaksud Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli Pendidikan ? Berikutini Pengertian Kurikulum Menurut Pendapat Para Ahli
1.      Hilda Taba (1962) menyatakan: “A curriculum is a plan for learning; therefore, what is known about the learning process and the development of the individual has bearing on the shaping of a curriculum”  Kurikulum adalah sebuah rancangan pembelajaran, yang disusun dengan mempertimbangkan berbagai hal mengenai proses pembelajaran serta perkembangan individu

2.      Daniel Tanner & Laurel Tanner : Pengalaman pembelajaran yang terencana dan terarah, yang disusun melalui proses rekonstruksi pengetahuan dan pengalaman yang sistematis di bawah pengawasan lembaga pendidikan agar pembelajar dapat terus memiliki minat untuk belajar sebagai bagian dari kompetensi sosial pribadinya.

3.      Romine: “Curriculum is interpreted to mean all of the organized courses, activities, and experiences which pupils have under direction of the school, whether in the classroom or not (Romine, 1945,h. 14).” Kurikulum mencakup semua temu permbelajaran, aktivitas dan pengalaman yang diikuti oleh anak didik dengan arahan dari sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.

4.      Murray Print (1993) menyatakan: “Curriculum is defined as all the planned learning opportunities offeredto learner by the educational institution and the experiences learners encounter whenthe curriculum is implemented”  Kurikum didefinisikan sebagai semua ruang pembelajaran terencana yang diberikan kepada siswa oleh lembaga pendidikan dan pengalaman yang dinikmati oleh siswa saat kurikulum itu terapkan.

5.      Kurikulum menurut Tanner and Tanner   (1980), kurikulum sebagai modus mengajar, sebagai pengetahuan yang diorganisasi, sebagai arena pengalaman, sebagai pengalaman yang terbimbing, mencakup kegiatan-kegiatan pembelajaran yang masih harus dikaji oleh guru, jalan meraih ijazah yang merupakan syarat mutlak dalam pendidikan formal.Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian kurikulum merupakan  seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.


= Baca Juga =



No comments

Theme images by mammamaart. Powered by Blogger.
Back to Top